•  

    Customer Supports & Sells

    (+62)737-71001/71002

  •  

    Opening Times

    Mon - Fri 08.00 - 11.00

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah menunjuk pengelola Trasportasi Desa atau Trandes. 4 Bus Trandes milik daerah ini akan dikelola oleh 4 Badan Usaha Millik Desa (BUMDes).

Kabid Perhubungan Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Jailani, SH mengatakan, BUMKDes yang ditunjuk untuk mengelola Trandes ini berada di empat kecamatan yakni Lubuk Pinang, Air Manjuto, Penarik dan Pondok Suguh.

“Bus Trandes ini sudah kami serahkan ke pengelolanya yakni  4 BUMDes, pertama; BUMDes  Desa Arah Tiga, Kecamatan Lubuk Pinang, BUMDes Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto, BUMDes Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik dan BUMDes Desa Bumi Mekar Jaya, Kecamatan Pondok Suguh,” urainya. (28/12/2017) diruang kerjanya.

Ia menjelaskan, selain demi kepentingan efesiensi rute Trandes, dipilihnya empat BUMDes ini untuk mengelola Trandes karena BUMDes ini sudah memiliki badan hukum.

Kata Jailani, ia menargetkan Trandes ini sudah mulai beroprasi pada bulan Januari 2018. Untuk hal-hal yang berkaitan dengan Trandes ini termasuk oprasional sudah diserahkan kepada pihak pengelola.

Ia berharap, dengan beroprasinya Trandes ini nanti, mobilitas masyarakat Mukomuko dapat terbantu serta menjadi sumber pendapatan asli desa (PADes) desa pengelola.

Saat dimintai keterangan  Kepala Desa  Kepala Desa, Agung Jaya, Kecamatan Air manjuto, Laman membenarkan kalau BUMDes desanya menjadi salah satu pengelola Trandes.

Katanya, saat ini, pengurus BUMDes desanya sedang mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan oprasional nanti.

“Selain sedang kita siapkan semua kebutuhan, kami juga sedang menunggu SK rute yang diinginkan Pemkab Mukomuko,” singkatnya. (MC Kominfo)