•  

    Customer Supports & Sells

    (+62)737-71001/71002

  •  

    Opening Times

    Mon - Fri 08.00 - 11.00

MUKOMUKO – Kamis (14/12), 4 orang perangkat desa di Kecamatan Teramang Jaya jalani prosesi pengukuhan. Mereka adalah Marah Kecil dan Irawan dikukuhkan menjadi sekdes dan Kadus I Desa Nelan Indah. Arminto Hidayat dikukuhkan sebagai Sekdes Pasar Bantal dan Marahidi dikukuhkan menjadi Sekdes Mandi Angin.
 
Pengukuhan perangkat ketiga desa ini dipusatkan di aula kantor desa Nelan Indah. Meskipun dipusatkan pada satu tempat, tapi pengukuhan dilakukan oleh Kades Masing-masing.
Marah Kecil dan Irwan dikukuhkan oleh Hendi Kusrianto selaku Kades Nelan Indah. Sedangkan Armanto Hidayat dikukuhkan menjadi Sekdes oleh Kades Pasar Bantal, Unsani, dan Marahidi dikukuhkan menjadi Sekdes Mandi Angin Jaya oleh Hanasrum selaku Kadesnya.
 
Pengukuhan perangkat desa ini disaksikan oleh Kasi Pemerintahan, Kecamatan Teramang Jaya, Ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing. Bertindak sebagai rohaniawan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, Firdaus, SH.I. Juga hadir tokoh masyarakat masing-masing desa. 
 
Kades Pasar Bantal, Unsani menjelaskan, pengukuhan ini dilakukan karena Pasar Bantal akan menerapkan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru pada 2018 mendatang. Setelah dilakukan pengukuhan Sekdes, maka perangkat desa yang ada selama ini dinonaktifkan. Mereka akan mengikuti seleksi penerimaan perangkat desa sesuai dengan aturan terbaru.
 
‘’Untuk sementara semua jabatan perangkat dijabat oleh Sekdes, selaku pelaksana tugas. Kita akan membentuk panitia seleksi penerimaan calon perangkat baru,’’ jelas Unsani.
 
Hal senada disampaikan oleh Kades Mandi Angin Jaya, Hanasrum. Ia juga menyampaikan dirinya baru saja melakukan pengukuhan Sekdes. Sekdes yang dikukuhakan ini telah belasan tahun bertugas. Pengukuhan dilakukan sebagai legalitas jabatan Sekdes mengacu pada aturan yang ada. Sama hal dengan Pasar Bantal, perangkat desa Mandi Angin Jaya periode 2018 juga akan dilakukan seleksi ulang. Hanasnurm menegaskan, seleksi calon perangkat desa baru, akan dilakukan secepatnya. Pasalnya perangkat ini memiliki tugas menyusun Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Desa (APDDes) 2018. Ia menargetkan pada Maret 2018 mendatang perangkat desa yang baru sudah bisa bekerja menjalankan tugasnya.
 
‘’Maunya kita semua perangkat desa diseleksi ulang. Hasil koordinasi dengan Kabag Hukum mesti begini, ya kita jalankan sesuai dengan aturan,’’ ungkap Hanasrum.
Kades Nelan Indah, Hendi Kusrianto menyampaikan, saat ini baru Sekdes dan Kadus I. Sedangkan perangkat lain akan dilakukan seleksi perekrutan.
 
‘’Kita kukuhkan Sekdes dan Kadus I, selanjutnya dilakukan seleksi penerimaan perangkat desa baru sesuai dengan SOTK baru,’’ demikian Hendi.(Dinas Kominfo)