•  

    Customer Supports & Sells

    (+62)737-71001/71002

  •  

    Opening Times

    Mon - Fri 08.00 - 11.00

MUKOMUKO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko rutin melatih relawan  tim reaksi cepat (TRC) yang direkrut dari anggota Pramuka sejumlah sekolah di daerah ini.

Disampaikan Pembina TCR BPBD Kabupaten Mukomuko, Firman, pembekalan ini, berupa teknik SAR darat dan juga teknik SAR air. Selain itu, anggota TCR BPBD daerah ini juga dibekali menggunakan peralatan SAR salah satunya perahu karet.

“Kita harapakan, TCR kita tidak hanya bisa beroprasi dilapangan, tapi bisa juga mengoprasikan alat dan merawat alat yang ada,” katanya. Selasa (19/12) saat memberikan materi mengoprasikan perahu karet di gudang BPBD Kabupaten Mukomuko.

Pembekalan relawan TCR ini, bertujuan jika sewaktu-waktu terjadi musibah, seluruh anggota TCR tahu apa yang harus dilakukan dan penyelamatan bisa dilakukan cepat.  

Menurutnya, keberadaan TCR ini sangat membantu tugas BPBD dalam pelaksanaan penyelamatan jika terjadi musibah dan bencana di daerah ini.

“Pada saat kita melakukan evakuasi mereka (TCR) sangat membantu kita. Oleh karena itu, mereka juga harus tahu bagaimana cara beroprasi, menggunakan dan merawat peralatan penyelamatan,” singkatnya. (MC Kominfo)